Wednesday, March 15, 2017

dapursehat

Cara Merawat Rambut Agar Sehat dan Berkilau

Cara Merawat Rambut Agar Sehat dan Berkilau

Cara Merawat Rambut Agar Sehat dan Berkilau - Memiliki rambut yang sehat dan berkilau menjadi keinginan banyak orang. Tak peduli apa jenis rambut yang anda miliki, baik itu lurus atau juga ikal bergelombang, kesehatan dan keindahan rambut anda haruslah tetap terjaga. Dengan menjaga rambut anda secara baik, saat menghindarkan dari berbagai macam masalah yang bisa saja datang secara tiba - ketika rambut tidak dirawat dengan baik.

Oleh karena itu, perawatan rambut agar rambut dapat sehat dan berkilau merupakan salah satu hal penting agar anda tetap merasa percaya diri. Salah satu hal yang penting dalam menjaga rambut anda tetap sehat salah satunya dengan memperhatikan alat perawatan rambut yang cermat, seperti merawat rambut yang tepat bahkan penggunaan sisir yang tepat.


Cara Merawat Rambut Agar Sehat dan Berkilau

Selain itu penggunaan produk perawatan seperti pelindung rambut juga merupakan hal yang bisa anda aplikasiakan pada rambut anda agar rambut tidak kering.

Nah, dibawah ini juga ada beberapa cara merawat rambut agar tetap sehat dan berkilau. Simak uraiannya di bawah ini.

1. Memotong Ujung Rambut
Agar rambut tetap terlihat sehat, anda bisa membiasakan diri untuk memotong rambut secara rutin sehingga rambut tetap sehat. Anda bisa memotong ujung rambut setiap 6 - 8 minggu sekali sehingga pertumbuhan rambut tetap sehat.

2. Jangan Mencuci Rambut Tiap Hari
Anda tidak disarankan untuk mencuci rambut setiap hari, kecuali anda melakukan aktivitas tertentu yang mewajibkan anda untuk berkeramas. Hati - hati, mencuci rambut atau berkeramas setiap hari dapat menghilangkan kandungan minyak alami yang ada pada rambut sehingga membuat rambut menjadi kering.

3. Menghindari Alat Panas
Cara merawat rambut agar sehat selanjutnya yaitu sebisa mungkin untuk tidak menggunakan alat - alat yang dapat menghantarkan panas pada rambut anda. Karena dapat merusak rambut anda dan membuat rambut menjadi semakin kering. Maka dari itu, sebaiknya anda kurangi atau bahkan tinggalkan pemakaian alat yang dapat mengantarkan panas pada rambut anda.

4. Menghindari Pewarna Rambut
Kesehatan rambut dapat rusak apabila rambut sering diwarnai. Kelambapan yang ada pada rambut dapat terkikis oleh penggunaan pewarna rambut disebabkan kandungan bahan kimia yang ada didalam pewarna rambut tersebut. Apabila jika tidak dirawat dengan baik, rambut bahkan dikhawatirkan akan semakin rusak.

5. Pola Makan yang Baik
Rambut merupakan cerminan dari makanan apa saja yang ada konsumsi dan memperlihatkan kesehatan tubuh anda. Rambut akan berkurang kesehatannya apabila anda sering mengkonsumsi berbagai makanan kurang sehat seperti junkfood, soda dan makanan kurang sehat lainnya. Anda harus memastikan untuk mencukupi konsumsi harian air putih, mineral dan vitamin agar kebutuhan gizi anda seimbang.



Makanan untuk Kesehatan Rambut

Beberapa makanan bisa membuat rambut anda menjadi lebih sehat dan kuat. Dengan terbiasa mengkonsumsi makanan yang sehat akan berdampak baik bagi kesehatan rambut bahkan seluruh tubuh anda. Di bawah ini merupakan beberapa makanan yang dapat membuat rambut anda sehat dan kuat, simak uraian lengkap di bawah ini.

1. Telur
Salah satu makanan yang membuat rambut sehat dan berkilau dan mendorong pada pertumbuhan rambut yang baik adalah telur. Telur memiliki kandungan bioton dan juga vitamin B. Selain bisa dikonsumsi, telur juga bisa dibuat menjadi masker untuk rambut anda. Masker tersebut bisa dibuat dari campuran telur dan minyak zaitun.

2. Bayam
Kandungan folat dan zat besi pada bayam dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan sel darah  merah. Jika sel darah merah dalam tubuh baik maka oksigen yang di bawa menuju folikel rambut anda akan menjadikan rambut lebih sehat.

3. Paprika
Vitamin C pada paprika merupakan vitamin yang cukup dibutuhkan agar rambut lebih sehat. Konsumsi paprika merupakan cara merawat kesehatan rambut dari dalam. Dengan adanya asupan vitamin C bisa memberikan sinyal bahwa ada cukup zat besi berada pada sel darah merah sehingga bisa membawa oksigen menuju folikel rambut. Apabila demikian, maka kolagen dan juga serat pada bagian rambut akan tumbuh dan rambut menjadi lebih sehat. Namun ada kekurangan dari vitamin C ini yakin dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan ujungnya terbelah.

4. Lentil
Salah satu jenis kacang - kacangan yang tinggi zat besi yaitu lentil. Makanan dari jenis kacang - kacangan ini baik untuk pertumbuhan rambut dan mendukung kesehatan rambut yang dimiliki setiap orang.

5. Ubi 
Ubi merupakan makanan yang mengandung vitamin A dan juga beta karoten yang bisa bermanfaat untuk mendukung kesehatan rambut. Selain dari ubi, beberapa makanan lainnya juga banyak yang mengandung beta karoten diantaranya wortel, kangkung, selada dan juga asparagus. Jenis makanan ini dapat membantu mendukung kesehatan rambut anda.

Selain menggunakan perawatan dari luar, walau bagaimanapun juga perawatan dalam tubuh juga sama pentingnya, maka dari itu konsumsi makanan yang sehat juga menjadi salah satu faktor penting agar rambut anda tetap sehat, kuat dan berkilau. Cara anda memperlakukan tubuh anda juga akan berpengaruh pada tampilan rambut anda.

Demikian uraian di atas tentang Cara Merawat Rambut Agar Sehat dan Berkilau. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Selamat mencoba !

Sumber : hariansehat

dapursehat

About dapursehat -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :