Saturday, March 18, 2017

dapursehat

Cara Mencegah Uban Tumbuh di Usia Muda

Cara Mencegah Uban Tumbuh di Usia Muda

Cara Mencegah Uban Tumbuh di Usia MudaUban atau rambut yang memutih dan abu - abu biasa terjadi para orang - orang yang beranjak tua. Namun begitu, tidak sedikit remaja yang mengalami tubuhnya uban. Bahkan frekuensinya meningkat dengan tingkat yang mengkhawatirkan. Hal tersebut membuat uban tidak lagi memandang faktor, mulai dari laki - laki, perempuan, remaja, bahkan hingga anak - anak sekalipun beresiko rambutnya beruban lebih dini.

Timbunya uban di usaia muda atau prematur hair gray sebenarnya hanyalah sebuah proses, dimana sel - sel rambut tidak menghasilkan pigmen atau warna lagi. Uban juga bukanlah penyakit, karena prosesnya berlangusng secara alami. Hanya saja pada sebagian orang, sintesis jumlah pigmen yang normal mengalami penurunan dengan cepat. Itu mengapa warna rambut mereka berubah menjadi abu - abu atau putih.


Cara Mencegah Tumbuhnya Uban di Usia Muda

Rambut putih lebih dikenal sebagai tanda - tanda menuju usia tua. Oleh sebab itu, bagi anda yang masih muda, hal ini tentunya cukup membuat risih ataupun takut. Hingga saat ini kenapa uban bisa tumbuh di usia muda belum bisa dipastikan. Namun biasanya faktor dari keturunan sering dipercaya sebagai faktor terbesar timbulnya uban di usia muda. Apabila orang tersebut memiliki orang tua yang beruban pada usia muda maka besar kemungkinan keturunannya akan memiliki rambut beruban kembali di usia muda.

Karena kebanyakan orang awan akan kaget terhadap perubahan fisik mereka yang berbeda dari ornag lain. Namun begitu, anda tidak perlu khawatir . Ada bebrapa cara mencegah timbulnya uban di usia muda yang dapat anda lakukan dan pelajari.
Beberapa diataranya dapat anda ketahui dan lakukan sebagai salah satu cara untuk mencegah timbulnya uban di usia mudah di bawah ini.

1. Memahami bahwa Uban tidak disebabkan oleh Stres
Kesalahpahaman yang umum bahwa uban diakibatkan oleh stres. Hal ini sama sekali tidak ada landasan ilmiah atau teorinya sama sekali. Namun sebaliknya, rambut yang beruban diakibatkan oleh sel warna yang ada pada akar rambut berhenti memproduksi pigmen, misalnya saja melamin yang berfungsi sebagai pemberi warna rambut. Namun begitu, fakta ini tidak menafikan begitu besarnya efek negatif dari stres terhadap kesehatan.

2. Periksa Potensi Munculnya Uban
Dalam beberapa keadaan, seseorang yang mengalami perubahan warna rambut menjadi putih secara prematur diakibatkan oleh suatau kondisi yang didasari oleh genetik ataupun autonium. Dalam kondisi lainnya, tumbuh uban secara diri dapat disebabkan oleh beberapa penyakit dan kelainan, termasuk anemaia dan kelaian tiroid ( vitiligo). Karenanya, jika anda mengalami tumbu uban secara dini atau memiliki kondisi - kondisi yang disebutkan tersebut, sebaiknya anda melakukan konsultasi dengan dokter.

3. Konsumsi Makanan Bergizi
Cara mencegah timbulnya uban di usia muda selanjutnya yang dapat anda lakukan setiap hari adalah dengan konsisten mengkonsumsi makanan dan minuman bernutrisi tinggi. Dengan mempertahankan diet sehat yang seimbang,rambut anda akan terjaga kesehatannya. Selain itu, mengkonsumsi banyak nutrisi juga dapat membuat anda memastikan bahwa rambut mendapatkan vitamin serta nutrisi yang cukup. Semua gizi tersebut akan membantu anda mencegah rambut memutih.

Pastikan anda mengkonsumsi makanan dengan kandungan protein rendah lemak. Ada banyak makanan yang dapat anda pilih, mulai dari sayuran, buah - buahan hingga biji - bijian. Jangan lupa juga mengkonsumsi air putih agar rambut terhidari. Selain itu, rambut juga membutuhkan mineral zinc, tembaga, zat besi, folat, vitamin A, B12, C dan E. Terkadang anda juga membutuhkan biotin atau yang biasa kita sebut vitamin H. Vitamin jenis ini diteliti berperan penting untuk menjaga kesehatan serta warna alami dari rambut. Ada banyak berperan penting untuk menjaga kesehatan serta warna alami dari rambut. Ada banyak makanan yang mengandung biotin, misalnya saja gandum, mentimun dan almond.

4. Hindari Produk Rambut yang Tidak berkualitas
Produk perawatan kesehatan, terutama untuk rambut harus dipilih dengan sangat teliti. Salah - salah, bukannya mendapatkan produk berkualitas, anda hanya mendapatkan sebuah obat perusak kaya akan zat kimia, seperti fosfat, sulfat, amonia dan klorin. Dimana semua bakan kimia tersebt terkenal mampu meleamahkan akar dan mengeringkan rambut, sehingga rambut menjadi lebih rentan timbul uban. Sebagai langkah preventifnya, anda dapat mulai mencoba produk - produk herbal.

5. Memijat Kepala
Dengan memijat kepala anda secara teratur sebagai salah satu cara mencegah timbulnya uban di usia muda, aliran darah yang berada di bawah kulit kepala akan terangsang. Hal te rsebut membuat pertumbuhan rambut menjadi sehat. Selain itu, anda juga dapat memijat kepala menggunakan beberapa jenis minyak esensial, seperti minyak kelapa dan almond. Selain dapat mencegah tumbuhnya uban di usia muda, cara ini juga dapat menjaga kelembapan akar rambut.

Memiliki uban di usia masih muda tentunya dapat menghilangkan rasa percaya diri anda. Oleh sebab itu, beberapa cara mencegah timbulnya uban di usia muda pada uraian di atas haruslah anda coba terapkan. Selain itu, jika anda merokok, cobalah untuk mulai berhenti. Kandungan rokok diteliti mampu menyababkan kusam, rontok dan uban prematur.

Biasanya rambut yang beruban mempunyai sifat yang lebih kering dan kasar. Maka dari itu anda sebaiknya ketika mencuci rambut atau keramas dianjurkan menggunakan shampo yang lembut dan apabila memungkinkan anda juga bisa menggunakan kondisioner.

Selain itu, keramas tidak dianjurkan terlalau serign dalam arti keramas bisa disesuaikan dengan keadaan rambut anda. Karena pada rambut yang cenderung memiliki sifat yang kering apabila keramas dilakukan setiap hari maka rambut menjadi lebih kering dan juga terlihat kusam, pada kasus yang lebih parah bisa menyebabkan terjadinya iritasi pada bagian kulit kepala sehingga menimbulkan gatal.

Demikian uraian di atas tentang Cara Mencegah Timbulnya Uban di Usia Muda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Selamat mencoba !

sumber :hariansehat

dapursehat

About dapursehat -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :