Monday, February 27, 2017

dapursehat

7 Cara Atasi Komplikasi Asma dan Flu



7 Cara Atasi Komplikasi Asma dan Flu - Asma dapat membuat gejala flu semakin parah. " Orang - orang dengan asma telah memiliki saluran pernapasan yang sensitif, sehingga virus flu dapat memicu batuk yang lebih parah, mengi dan sesak nafas, " kata Sumita Khatri, MD, direktur pusat asma di Cleveland Clinic.

Berikut ini cara untuk mengatasi komplikasi Asma dan Flu sebagai berikut :

1. Dapatkan Vaksinasi Flu
Setiap orang dengan asma harus mendapatkan vaksinasi flu sebelum musim flu dimulai. " Vaksin flu mengurangi resiko flu hingga sekitar 60 persen. Ini penting karena virus bisa memicu serangan asma, " kata Jonathan Bernstein, MD, seorang profesor alergi dan asma di Universitas Academis Health Center.

2. Tak perlu Vaksin FluMist
Vaksinasi flu yang disuntikan berisi virus yang telah dimatikan. Tetapi FluMist, yang diberikan sebagai obat semprot hidung, berisi virus hidup yang dilemahkan. Orang dengan asma harus menghindari virus hidup yang dilemahkan.

" Virus hidup tidak dianjurkan untuk orang tua, anak muda atau siapapun yang menderita asma" kata Dr. Bernstein.

3. Tanyakan kepada dokter tentang Pneumokokus
Baktei pneumokokus adalah bakteri penyebab pneumonia dan pneuimonia adalah salah satu bentuk komplikasi dari virus flu.

" Orang - orang dengan asma memiliki resiko lebih tinggi terkena pneumonia sebagai akibat dari komplikasi flu," kata Dr. Khatri.

Anda bisa mendapatkan vaksin pneumonia pada saat yang sama anda mendapatkan vaksinasi flu. Namun, tidak seperti vaksin flu yang diberikan tahunan, vaksin pneumonia hanya perlu dilakukan satu kali di masa dewasa.

4. Pastikan asma anda terkontrol dengan baik
Salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dari komplikasi asma dan flu adalah dengan memastikan bahwa ansa anda terkontrol dengan baik.

" Meski anda sudah mendapatkan vaksin flu, anda masih bisa menderita flu. Selain itu, ada banyak virus pernapasan lainnya yang dapat memicu serangan asma," kata Bernstein.

" Jika asma anda terkendali dengan baik, dampak  dari infeksi flu, cenderung tak terlalu parah." 

5. Ketahui musuh Anda
Gejala flu biasanya berupa demam, sakit kepala, nyeri tubuh, kelelahan, hidung tersumbat, sakit tenggorokan dan batuk kering.

Virus flu menyebar dari orang ke orang melalui udara ketika penderita flu bersin atau batuk. Jauhi penderita flu untuk sementara anda yakin bahwa orang itu telah benar - benar sembuh.

6. Hubungi dokter Anda secepatnya
" Jika anda mulai merasakan gejala flu, jangan menunggu sampai anda memiliki serangan asma," kata Bernstein.

 " Periksakan diri ke dokter lebih awal. Dokter mungkin akan menyesuaikan obat alergi Anda." Tanyakan juga apakah anda perlu minum obat antivirus. Dengan antivirus, derita sakit flu anda akan terasa lebih ringan dan anda akan pulih lebih cepat.

7. Ikuti tips pencegahan Flu
Flu adalah penyakit yang sangat menular. Selain vaksinasi, anda dapat melindungi diri dari flu dan virus lainnya dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih sesering mungkin, menghindari orang yang sedang sakit, dan tidak menyentuhkan tangan ke wajah terutama ketika sedang berada di luar rumah.

Anda juga harus mensterilkan area tempat anda sering berada, misalnya meja kantor, ketika ada rekan kerja yang menderita flu tapi tetap masuk kerja.

Komplikasi asma da flu seringkali menyebabkan penderitanya harus menjalani rawat inap. Jadi, jangan mengambil resiko. Dapatkan vaksinasi flu, kontrol asma anda dengan baik dan periksakan diri ke dokter ketika gejala flu mulai terasa.

Demikian uraian di atas tentang 7 Cara Atasi Komplikasi Asma dan Flu. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua. terima kasih.

Sumber: Everyday Health

dapursehat

About dapursehat -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :