Tuesday, January 31, 2017

dapursehat

Tips Mengatasi Mata Lelah Saat Menggunakan Komputer

Tips Mengatasi Mata Lelah Saat Menggunakan Komputer -  Begitu banyak dari kita menggunakan komputer di tempat kerja, ketegangan mata akibat bekerja dengan komputer telah menjadi keluhan yang sering muncul,. Studi menunjukan 50 sampai 90% pegawai kantoran yang biasa bekerja di depan monitor mengalami ketegangan mata dan gejala penglihatan yang mengganggu lainnya.

Efek dari kelelahan mata ini dapat mengakibatkan, kepala pusing, penurunan produktivitas serta peningkatan jumlah kesalahan kerja, belum lagi kecil seperti mata sering berkedut, merah dan kering.

Berikut beberapa langkah Mengatasi Mata Lelah Saat Menggunakan Komputer yang dapat anda lakukan untuk mengurangi resiko ketegangan mata akibat pemakaian komputer dan gejala umum lainnya yang biasa disebut  Computer Vision Syndrome (CVS).

1. Gunakan Pencahayaan yang Tepat
Mengatasi mata lelah saat menggunakan komputer yang pertama adalah penggunaan pencahayaan yang tepat. Dimana ketegangan mata sering disebabkan oleh cahaya terang berlebihan baik dari sinar matahari di luar ruangan yang masuk melalui jendela atau dari pencahayaan dalam ruangan yang terlalu kuat. Bila anda menggunakan komputer, pencahayaan anda harus sekitar setengah terangnya dari yang biasanya ditemukan di sebagian besar kantor. Jika memungkinkan, posisikan monitor komputer sehingga jendela berada di samping, bukan di depan atau di belakangnya.
 

Tips mengatasi mata lelah saat menggunakan komputer


2. Upgrade Monitor Anda
Mengatasi mata lelah saat menggunakan komputer selanjutnya dalam pemakaian monitor yang anda gunakan. Layar LCD lebih baik bagi mata dan biasanya memiliki permukaan anti reflektif. Layar monitor tabung (CRT) kuno dapat menyebabkan "fliker" gambar, yang merupakan penyebab utama ketegangan mata komputer. Bahkan jika fliker ini tak terlihat, masih bisa menyebabkan untuk ketegangan mata dan kelelahan selama kerja komputer. Fliker tidak terdapat di layar LCD, karena kecerahan piksel pada layar dikendalikan oleh cahaya belakang layar  LCD tersebut. Cobalah memilih layar yang relatif besar agar lebih nyaman di pakar. Untuk komputer destok, pilih tampilan yang memiliki ukuran diagonal layar minimal 19 inchi.

3. Sesuaikan Pengaturan Tampilan Komputer Anda
Mengatasi mata lelah saat menggunakan komputer yang tak kalah pentingnya yaitu mengatur tampilan komputer anda. Menyesuaikan pengaturan tampilan komputer anda dapat membantu mengurangi ketegangan mata dan kelelahan. Umumnya, pengaturan berikut dapat mengurangi kelelahan pada mata.

Kecerahan, Menyesuaikan kecerahan layar sehingga kurang lebih sama seperti kecerahan ruang kerja sekitar anda. Sebagai test, coba melihat latar belakang putih dari halaman web ini. Jika terlihat seperti sumber cahaya, itu terlalu terang. Jika tampak kusam dan abu - abu, mungkin terlalu gelap.

Ukuran teks dan kontras. Sesuaikan ukuran teks dan kontras untuk kenyamanan, terutama ketika membaca atau menulis dokumen panjang. Biasanya, cetak hitam pada latar belakang putih adalah kombinasi terbaik untuk kenyamanan.

4. Berkedip Lebih Sering
Menurut studi, ketika bekerja di depan komputer, orang akan kurang berkedip. Padahal berkedip sangat  penting ketika bekerja di depan komputer, berkedip membasahi mata anda untuk mencegah kekeringan pada mata dan iritasi. Air mata akan menguap lebih cepat selam ketika tidak berkedip dan ini dapat menyebabkan mata kering. Untuk mengurangi resiko mata kering selama penggunaan komputer, cobalah latihan ini : Setiap 20- menit, berkedip 10 kali dengan menutup mata anda seakan tertidur ( lakukan dengan sangat lambat). Ini akan membantu mengatasi mata lelah saat menggunakan komputer.

5. Olahraga Mata
Penyebab lain dari ketegangan mata adalah terlalu lama melihat focus pada satu titik. Untuk mengurangi resiko ini, anda dapat mencoba 20-20-20. Caranya, saat anda terfokus di depan komputer, jauhkan pandangan setiap 20 menit sekali dan tatap sebuah objek yang jauh (setidaknya 20 kaki = 6 meter) minimal selama 20 detik. Melihat jauh dapat melemaskan otot fokus dalam mata untuk mengurangi kelelahan.

Atau lakukan cara lain seperti melihat obyek jauh selama 10 - 15 detik, kemudian alihkan pandangan ke objek yang dekat selama 10-15 detik, lalu kembali lagi melihat pada objek yang jauh. Lakukan latihan ini sampai 10 kali. Kedua latihan ini akan mengurangi resiko ketegangan mata pada komputer. 

6. Pertimbangan Kacamata Khusus Komputer ( Office Lens)
Untuk kenyamanan terbesar di komputer anda, anda bisa meminta bantuan refraksionist  optisien di optic langganan anda untuk membuatkan resep khusus untuk pemakaian computer. Hal ini terutama berlaku jika anda bisanya memakai lensa kontak, yang dapat menjadi kering dan tidak nyaman selama bekerja dengan computer dalam jangka waktu yang lama.

Demikian uraian di atas tentang Tips Mengatasi Mata Lelah Saat Menggunakan Komputer. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Selamat mencoba.

dapursehat

About dapursehat -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :